DAFTAR NILAI AKHIR SEMESTER TAPEL 2009/2010 | ||||||||||||||||||
SEMESTER | : I (satu) | |||||||||||||||||
SDN | : SUMBEREJO III | |||||||||||||||||
KECAMATAN | : RENGEL | |||||||||||||||||
KELAS | : VI (enam) | |||||||||||||||||
NO | Induk | NISN | NAMA SISWA | L/P | MATA PELAJARAN | JML | RERATA | |||||||||||
AGM | PKn | B.IND | MAT | IPA | 1PS | SBK | PJOK | B.JW | B.INGG | ……… | ||||||||
1 | 1102 | 9984778662 | ETIK AMBARSARI | 65 | 60 | 64 | 70 | 88 | 83 | 60 | 72 | 65 | 62 | 689 | 68,9 | |||
2 | 1107 | 9984778671 | SITI ROFIA | 69 | 66 | 60 | 70 | 90 | 83 | 60 | 75 | 70 | 60 | 703 | 70,3 | |||
3 | 1111 | 9984778675 | YAYUK LESTARI | 67 | 64 | 65 | 70 | 93 | 83 | 60 | 74 | 72 | 66 | 714 | 71,4 | |||
4 | 1118 | 9965013151 | SITI ALIYAH | 66 | 60 | 60 | 64 | 88 | 70 | 60 | 70 | 60 | 59 | 657 | 65,7 | |||
5 | 1120 | 9984778674 | SUKARTINI | 60 | 60 | 62 | 70 | 93 | 71 | 70 | 72 | 65 | 66 | 689 | 68,9 | |||
6 | 1123 | 9984778670 | SITI MUALIMAH | 80 | 70 | 86 | 70 | 93 | 84 | 75 | 75 | 75 | 66 | 774 | 77,4 | |||
7 | 1124 | 9994911474 | NANIK PURWANINGSIH | 75 | 72 | 64 | 70 | 94 | 80 | 70 | 75 | 70 | 66 | 736 | 73,6 | |||
8 | 1128 | 9984778673 | SITI KUSNUL KHOTIMAH | 79 | 68 | 60 | 70 | 92 | 80 | 60 | 71 | 70 | 65 | 715 | 71,5 | |||
9 | 1129 | 9984778663 | DWI AHMAD SHOFII | 90 | 80 | 80 | 72 | 93 | 85 | 80 | 74 | 75 | 66 | 795 | 79,5 | |||
10 | 1131 | 9984778661 | AHMAD CHOIRUL IKSAN | 77 | 80 | 88 | 74 | 88 | 85 | 80 | 77 | 80 | 66 | 795 | 79,5 | |||
11 | 1132 | 9984778665 | ISMAIL HASAN | 66 | 60 | 60 | 70 | 93 | 71 | 65 | 73 | 70 | 62 | 690 | 69 | |||
12 | 1169 | 9984778666 | LILIK DWI PURWANINGSIH | 66 | 66 | 60 | 70 | 88 | 62 | 60 | 70 | 70 | 62 | 674 | 67,4 | |||
13 | 1170 | 9984778672 | SITI UMAROH | 77 | 64 | 60 | 70 | 86 | 60 | 60 | 71 | 60 | 62 | 670 | 67 | |||
14 | ||||||||||||||||||
15 | ||||||||||||||||||
16 | ||||||||||||||||||
JUMLAH | 937 | 870 | 869 | 910 | 1179 | 997 | 860 | 949 | 902 | 828 | ||||||||
RERATA | 72,1 | 66,9 | 66,8 | 70,0 | 90,7 | 76,7 | 66,2 | 73,0 | 69,4 | 63,7 | ||||||||
KKM | 65 | 65 | 63 | 63 | 60 | 60 | 65 | 65 | 65 | 60 | ||||||||
NILAI TERTINGGI | 90 | 80 | 88 | 74 | 94 | 85 | 80 | 77 | 80 | 66 | ||||||||
NILAI TERENDAH | 60 | 60 | 60 | 64 | 86 | 60 | 60 | 70 | 60 | 59 | ||||||||
MENGETAHUI | SUMBEREJO; 23 | JANUARI 2010 | ||||||||||||||||
KEPALA SDN SUMBEREJO III | GURU KELAS : | |||||||||||||||||
KECAMATAN RENGEL | ||||||||||||||||||
Drs.MOCH.WAHIB | TRI PANJI ANTO | |||||||||||||||||
NIP. 19510809 197703 1 002 |
Entri Populer
-
ANEKA JUDUL PTK DAPAT DIPEROLEH DISINI: HUBUNGI...... TRI PANJIANTO PHONE.... 0856 4822 5801 1. ...
-
PEMAHAMAN TENTANG PTK Oleh TRI PANJIANTO Tahapan dan Siklus PTK PERTANYAAN Penelitian tindakan kelas (PTK). Kata itu sering didengar, bah...
-
HUBUNGI : 085648225801 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KEALS V SEMESTER I SDN SUMBEREJO 0 3 DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA...
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Mata Pelajaran : MATEMATIKA. Kelas/semester : VI...
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) Kel...
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar ...
-
DAFTAR NILAI AKHIR SEMESTER TAPEL 2009/2010 ...
-
28 Kalimat Bijak yang Perlu Anda Simak Posted on Juli 21, 2009 by Kang Yudiono | 35 Komentar Apa itu orang bijak? Ada yang bilang, ora...
-
P PAKET 6 EMERINTAH KABUPATEN TUBAN DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA TRY OUT UAS.BN SDN SUMBEREJO III KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TU...
-
PEMESANAN BISAS LEWAT SMS : SILAHKAN HUBUNGI : 085648225801 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KEALS V SEMESTER I SDN SUMBEREJO 0 3...
Senin, 03 Januari 2011
CONTOH LEMBAR PENILAIAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TERBARU MENURUT PERMEN 41
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas/semester : VI / 2
Alokasi waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan )
A. STANDART KOMPETENSI.
Memahami gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di indonesia dan negara – negara tetangga
B.KOMPETENSI DASAR.
2.1. Mendiskripsikan gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di indonesia dan negara – negara
tetangga
C.INDIKATOR.
1. Mengidentifikasi gejala ( peristiwa ) ala yang terjadi di indonesia dan negara tetanga.
2. Menemu tunjukkan letak gejala ( peristiwa ) ala yang terjadi di indonesia dan negara tetanga
melalui peta.
I.TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat :
1. Menyebutkan 4 contoh bencana alam yang pernah terjadi di indonesia dan negara tetangga.
2. Menemu tunjukkan letak bencana yang terjadi di indonesia dan negara – negara tetangga
melalui peta.
3. Menyebutkan penyebab dan akibat bencana alam yang terjadi di indonesia dan negara –
negara tetangga yaitu : tsunami , gunung meletus, banjir , tanah longsor dan angin topan.
II. MATERI PEMBELAJARAN.
1 Menyebutkan bencana alam yang pernah melanda negara indonesia dan negara tetangga.
2. Menunjukkan letak bencana yang melanda daerah indonesia dan negara – negara
2. Menunjukkan letak bencana yang melanda daerah indonesia dan negara – negara
tetangga melalui peta.
3. Menyebutkan sebab dan akibat bencana alam tsunami, gunung meletus, banjir , tanah longsor,
dan angin topan.
III. SUMBER BELAJAR / MEDIA PEMBELAJARAN.
a. Sumber belajar : Buku IP6 jilid 6
b. Media Pembelajaran : Gambar / foto, peta.
IV. Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran.
a. Metode Pembelajaran : ceramah , pemberian tugas dan diskusi
b. Model Pembelajaran : kooperatif.
V. Langkah – langkah kegiatan Pembelajaran
I. Kegiatan awal / Prendahuluan ( 10 menit ).
1.1. Guru memotivasi siswa dengan menunjukkan beberapa gambar bencana alam :
tsunami , gunung meletus , banjir, tanah longsor , dan angin topan.
1.2. Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai hari ini
yaitu : macam – macam bencana alam di indonesia dan negar – negara tetangga,
menunjukkan letak bencana alam di indonesia dan negara – negara tetangga
melalui peta , penyebab dan akibat bencana alam yang ditimbulkan oleh bencana
tsunami, gunung meletus , banjir , tanah longsor dan angin topan.
II.Kegiatan Inti ( 50 menit )
» Guru menyajikan informasi dengan menjelaskan beberapa konsep tentang penyebab
dan akibat bencana alam yang ditimbulkan oleh bencana tsunami, gunung meletus ,
banjir, tanah longsor , dan angin ribut seperti yang terdapat pada buku siswa IPS
Kelas VI halaman 94-95.
» Guru mengelompokkan siswa , satu kelompok terdiri dari 6 atau 7 siswa, selanjutnya
guru menyuruh siswa masing – masing kelompok untuk menjelaskan penyebab
dan akibat bencana alam : tsunami , gunung meletus , banjir , tanah longsor dan angin
topan.
» Guru memberikan bimbingan pada tiap kelompok untuk mengerjakan tugasnya.
Bimbungan tersebut untuk memperjelas cara pengerjaan lembar kerja yaitu menyebut
letak bencana , penyebab dan akibat bencana alam yang ditimbulakan oleh
tsunami , gunung meletus , banjir , tanah longsor dan angin topan.
» Guru memberi evalusi hasil belajar kelompok dan mempresentasikan hasil kerja
kelompok.
» Guru memberikan umpan balik pada siswa bila ada hal – hal yang belum dicakupi
dalam presentasi.
» Guru Memberikan pujian pada kelompok siswa yang hasil kerjanya baik dari aspek
akademik maupun kerja sama antar anggota kelompok.
III. Kegiatan akhir / penutup ( 10 menit )
1. Membimbing siswa dalam merangkum hasil diskusi yang telah di presentasikan.
2. Memberi tugas rumah sebagai tindak lanjut.
VI. Penilaian Hasil Belajar.
a. Prosedur Penilaian : Pengamatan diskusi kelompok ( Tes adalam proses )
b. Teknik Penilaian : Tes tulis secara individu.
c. Instrumen Penilaian : » Lembar kerja
» Lembar soal.
» Kunci jawaban
» Penskoran.
Mengetahui, Kepala sekolah Dra. SUTI HARTINI,MM NIP. 19630612 198303 2 018 | Guru Kelas VI TRI PANJIANTO,A.Ma.Pd |
»» Gejala Alam di Indonesia dan negara – begar tetangga.
Gambar peta !
Beberapa gejala alam antara lain : Gemapa bumi, Gunung meletus , Banjir , Gelombang
Tsunami , Tanaha Longsor , dan Angin topan.
» Volkanisme dan gempa bumi.
» Gempa vulkanik di sebabkan oleh gunung meletus.
» Gempa tegtonik disebabkan oleh pergeseran lempengan – lempengan.
Apabila pergeseran lempengan itu terjadi di dasar laut maka akan terjadi Tsunami.
» Alat pengukuran gempa disebut Seismograf.
» Banjir terjadi karena hutan gundul, penebangan huta secara liar ( ilegal loging ),
curah hujan tinggi, aliran air tersumbat.
» Tanah longsor peristiwa terjadinya pergeseran tanah.
» Angin topan.
– Perhatikan gambar dibawah ini !
Lembar soal.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Sebutkan 4 contoh bencana alam yang pernah melanda indonesia ?
2. Pada tanggal 26 Desember 2006 terjadi gelombang tsunami yang merenggut korban 1000.000
jiwa terjadi di ...........
3. Gempa tegtonik disebabkan oleh ...........
4. Dampak ilegal loging bagi kehidupan adalah .........
5. Untuk mengkoordinasikan penyaluran bantuan, pemerintah tingkat pusat membentuk ........
Kunci Jawaban.
1. a. Gunung meletus .
b. Banjir.
c. Tanah longsor.
d. Tsunami.
2. Nanggro Aceh Darussalam ( NAD ).
3. Pergeseran lempeng permukaan bumi di dasar laut.
4. Terjadinya Banjir dan erosi.
5. Bakornas.
Penskoran Penilaian :
Jawaban benar
Nilai Akhir = x 100
Banyak soal
\
Lembar Kerja Siswa.
Perhatikan gambar dibawah ini ! Kemudian jawablah pertanyaa yang tersedia dikolom bawahnya !
Gambar 4.3 Gunung berapi banyak terdapat di negara – negara ASEAN
karena kawasan ini berada diatas pertemuan beberapa lempengan.
Banjir sering terjadi karena hujan lebat yang terus menerus sehingga
sungai meluap. Tampak peristiwa banjir besar yang melanda Jakarta.
No. | Pertanyaan | Jawaban. |
1. | Gejala alam yang terjadi pada gambar diatas ! | |
2. | Mengapa bisa terjadi gejala alam tersebut ! | |
3. | Siapa yang bertanggung jawab pada bencanaalam tersebut ! | |
4. | Apa yang kamu lakukan pada warga yang terkena bencana itu ! | |
5. | Apa dampak negatif yang ditimbulkan oleh bencana alam tesebut! | |
RPP TERBARU MNURUT PERMEN DIKNAS NOMER 41 TAHUN 2007
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : MATEMATIKA.
Kelas/semester : VI / 2.
Alokasi waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan )
A. STANDART KOMPETENSI.
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah.
B. KOMPETENSI DASAR.
5.5.Memecahkan masalah perbandingan dan skala.
C. INDIKATOR.
1. Menghitung skala dari suatu gambar yang diketahui jarak sesungguhnya dan jarak
pada peta.
2. Menghitung jarak sesungguhnya jika diketahui skala dan jarak pada peta..
3. Menghitung jarak pada peta jika diketahui skala dan jarak sesungguhnya
I. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat :
1. Memahami tentang pengertian skala , jarak sebenarnya, jarak pada peta.
2. Menghitung jarak pata peta dan jarak sesungguhnya jika telah diketahui skala.
3. Menentukan jarak sesungguhnya antara ke dua daerah.
4. Menghitung jarak sesungguhnya pada peta berskala.
II. MATERI PEMBELAJARAN.
1. Menghitung skala, jarak sesungguhnya dan jarak pada peta.
2. Menghitung jarak sesungguhnya antara ke dua daerah.
III. SUMBER BELAJAR / MEDIA PEMBELAJARAN.
a. Sumber belajar : Buku Matematika kelas 6 halaman 92.
b. Media Pembelajaran : Atlas , peta, meteran, penggaris
IV. Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran.
a. Metode Pembelajaran : ceramah , pemberian tugas dan demontrasi.
b. Model Pembelajaran : kooperatif.
V. Langkah – langkah kegiatan Pembelajaran
I. Kegiatan awal / Prendahuluan ( 10 menit ).
1.1. Guru memotivasi siswa dengan menunjukkan peta yang telah dipasang
dipapan tulis untuk dapat memahami pengetahuan awal tentang pengertian
skala, jarak sesungguhnya, jarak pada peta.
1.2. Guru mengkomunikasikan tentang pengertian skala 1 : 1.000.000 itu
artinya adalah jarak 1 cm pada peta sama dengan 1.000.000 cm pada jarak sesungguhnya.
II.Kegiatan Inti ( 50 menit )
2.1. Penjelasan singkat tentang :
a. Menghitung skala dari suatu gambar yang diketahui jarak sesungguhnya
dan jarakpada peta.
b. Menghitung jarak sesungguhnya jika diketahui skala dan jarak pada peta..
c. Menghitung jarak pada peta jika diketahui skala dan jarak sesungguhnya
2.2. Membentuk kelompok , masing – masing kelompok terdiri atas 6 – 7 siswa
untuk mendiskusikan materi tentang skala dan menghitung jarak sesungguhnya.
2.3. Guru membimbing kelompok dalam mengerjakan lembar kerja dan menyimpuilkan
hasil diskusi kelompok.
2.4. Guru memberikan evaluasi hasil belajarkelompok dan mempresentasikan hasil
kerja kelompok .
2.5. Guru memberikan umpan balik bila ada hal – hal yang belum dicakup dalam prentasi.
III. Kegiatan akhir / penutup ( 10 menit )
3.1. Guru membimbing siswa dalam merangkum hasil diskusi yang telah disepakati.
3.2. Memberi tugas rumah membuat peta kecamatan Rengel dengan mencantumkan
skala sebagai tindak lanjut.
VI. Penilaian Hasil Belajar.
a. Prosedur Penilaian : Pengawasan diskusi kelompok.
b. Teknik Penilaian : Tes tulis secara individu.
c. Instrumen Penilaian : » Lembar kerja
» Lembar soal.
» Kunci jawaban dan Penskoran.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas VI.
Drs. MOCH WAHIB. TRI PANJI ANTO, AMa.Pd
NIP. 19510809 197703 1 002 NIG. 991.040.005
Ringkasan Materi
Skala adalah Perbandingan ukuran antara jarak pada peta atau denah dengan
jarak yang sebenarnya.
Jika pada peta tertera tulisan 1 : 2.5000.000. artinya bahwa
1 cm pada peta mewakili 2.5000.000 cm sebenarnya , jadi 1 cm pada peta berarti
jarak sesungguhnya adalah 25 km.
Skala = jarak pada peta : jarak sesungguhnya.
Lembar Kerja Siswa.
Nama kelompok : ..........................
Kelas : ..........................
Tanggal : ..........................
Ayo, kerjakan tugas berikut !
1. Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok dengan anggota 6 -7 siswa.
2. Setiap anggota mencari gambar pulau – pulau di indonesia pada peta atau atlas
Pastikan pada atlas atau peta tertera skalanya dengan jelas.
3. Salin dan foto copy peta tersebut pada selembar kertas.
4. Tentukan jarak sebenarnya antara dua kota yang ada pada peta
sesuai dengan skalanya.
6. Serahkan hasil pekerjaanmu kepada bapak atau ibu guru.
Selamat bekerja.
Penilaian Kenerja Pengamatan Diskusi
Ketua Kelompok : ..................................
Anggota : 1. .............................. 4. ..............................
2. .............................. 5. ..............................
3. .............................. 6. ................................
- No.
Aspek penilaian
Ya
Tidak.
1.
Keaktifan dalam diskusi.
2.
Mengemukakan pendapat dengan argumentasi yang sesuai
3.
Mengemukakan pendapat tanpa argumentasi yang jelas.
4.
Bertanya.
5.
Kerjasama dalam kelompok.
6.
Memberi tanggapan, komentar, / jawaban yang benar.
Soal Tes Tertulis.
Kerjakanlah soal dibawah ini dengan benar !
1. Jarak antara kota Tuban ke kota Surabaya pada sebuah peta adalah 9,8 cm.
Jika skala yang dipergunakan pada peta tersebut adalah 1 : 450.000,
Berapakah jarak kota Tuban ke kota surabaya.
2. Jarak kota Medan ke kota aceh adalah 238 km.
Jika jarak pada peta adalah 4,3 cm.
Berapakah skala yang dipergunakan pada peta tersebut ?
Kunci Jawaban soal.
1. Diketahui : Jarak pada peta = 9,8 cm
Skala yang dipakai = 1 ; 450.000.
Ditanyakan : Jarak Sebenarnya ?
Jawab :
Jarak pada peta = 1
Jarak sebenarnya 450.000
9,8 = 1.
Jarak sebenarnya 450.000.
Jarak sebenarnya = 9,8 cm x 450.000
= 4.410.000 cm
= 4,41 km.
Jadi, jarak antara kota tuban dan kota surabaya adalah
2. Skala = jarak pada peta : jarak sesungguhnya.
= 4,3 : 25.800.000
= 1 : 6.000.000.
Penskoran Penilaian :
Jawaban benar
Nilai Akhir = x 100
Banyak soal
Langganan:
Postingan (Atom)