Entri Populer

Senin, 03 Januari 2011

CONTOH LEMBAR PENILAIAN

DAFTAR NILAI AKHIR SEMESTER TAPEL 2009/2010






















SEMESTER
: I (satu)















SDN
: SUMBEREJO III















KECAMATAN
: RENGEL















KELAS
: VI (enam)































NO Induk NISN NAMA SISWA L/P MATA PELAJARAN JML RERATA





AGM PKn B.IND MAT IPA 1PS SBK PJOK B.JW B.INGG ………


1 1102 9984778662 ETIK AMBARSARI
65 60 64 70 88 83 60 72 65 62
689 68,9
2 1107 9984778671 SITI ROFIA
69 66 60 70 90 83 60 75 70 60
703 70,3
3 1111 9984778675 YAYUK LESTARI
67 64 65 70 93 83 60 74 72 66
714 71,4
4 1118 9965013151 SITI ALIYAH
66 60 60 64 88 70 60 70 60 59
657 65,7
5 1120 9984778674 SUKARTINI
60 60 62 70 93 71 70 72 65 66
689 68,9
6 1123 9984778670 SITI MUALIMAH
80 70 86 70 93 84 75 75 75 66
774 77,4
7 1124 9994911474 NANIK PURWANINGSIH
75 72 64 70 94 80 70 75 70 66
736 73,6
8 1128 9984778673 SITI KUSNUL KHOTIMAH
79 68 60 70 92 80 60 71 70 65
715 71,5
9 1129 9984778663 DWI AHMAD SHOFII
90 80 80 72 93 85 80 74 75 66
795 79,5
10 1131 9984778661 AHMAD CHOIRUL IKSAN
77 80 88 74 88 85 80 77 80 66
795 79,5
11 1132 9984778665 ISMAIL HASAN
66 60 60 70 93 71 65 73 70 62
690 69
12 1169 9984778666 LILIK DWI PURWANINGSIH
66 66 60 70 88 62 60 70 70 62
674 67,4
13 1170 9984778672 SITI UMAROH
77 64 60 70 86 60 60 71 60 62
670 67
14

















15

















16



















JUMLAH

937 870 869 910 1179 997 860 949 902 828





RERATA

72,1 66,9 66,8 70,0 90,7 76,7 66,2 73,0 69,4 63,7





KKM

65 65 63 63 60 60 65 65 65 60





NILAI TERTINGGI

90 80 88 74 94 85 80 77 80 66





NILAI TERENDAH

60 60 60 64 86 60 60 70 60 59
























MENGETAHUI








SUMBEREJO; 23

JANUARI 2010



KEPALA SDN SUMBEREJO III









GURU KELAS :






KECAMATAN RENGEL










































































Drs.MOCH.WAHIB








TRI PANJI ANTO







NIP. 19510809 197703 1 002















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TERBARU MENURUT PERMEN 41

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas/semester : VI / 2
Alokasi waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan )

A. STANDART KOMPETENSI.
Memahami gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di indonesia dan negara – negara tetangga
B.KOMPETENSI DASAR.
2.1. Mendiskripsikan gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di indonesia dan negara – negara
tetangga
C.INDIKATOR.
1. Mengidentifikasi gejala ( peristiwa ) ala yang terjadi di indonesia dan negara tetanga.
2. Menemu tunjukkan letak gejala ( peristiwa ) ala yang terjadi di indonesia dan negara tetanga
melalui peta.
I.TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat :
1. Menyebutkan 4 contoh bencana alam yang pernah terjadi di indonesia dan negara tetangga.
2. Menemu tunjukkan letak bencana yang terjadi di indonesia dan negara – negara tetangga
melalui peta.
3. Menyebutkan penyebab dan akibat bencana alam yang terjadi di indonesia dan negara –
negara tetangga yaitu : tsunami , gunung meletus, banjir , tanah longsor dan angin topan.
II. MATERI PEMBELAJARAN.
1 Menyebutkan bencana alam yang pernah melanda negara indonesia dan negara tetangga.
2. Menunjukkan letak bencana yang melanda daerah indonesia dan negara – negara
tetangga melalui peta.
3. Menyebutkan sebab dan akibat bencana alam tsunami, gunung meletus, banjir , tanah longsor,
dan angin topan.
III. SUMBER BELAJAR / MEDIA PEMBELAJARAN.
a. Sumber belajar : Buku IP6 jilid 6
b. Media Pembelajaran : Gambar / foto, peta.
IV. Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran.
a. Metode Pembelajaran : ceramah , pemberian tugas dan diskusi
b. Model Pembelajaran : kooperatif.
V. Langkah – langkah kegiatan Pembelajaran
I. Kegiatan awal / Prendahuluan ( 10 menit ).
1.1. Guru memotivasi siswa dengan menunjukkan beberapa gambar bencana alam :
tsunami , gunung meletus , banjir, tanah longsor , dan angin topan.


1.2. Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai hari ini
yaitu : macam – macam bencana alam di indonesia dan negar – negara tetangga,
menunjukkan letak bencana alam di indonesia dan negara – negara tetangga
melalui peta , penyebab dan akibat bencana alam yang ditimbulkan oleh bencana
tsunami, gunung meletus , banjir , tanah longsor dan angin topan.
II.Kegiatan Inti ( 50 menit )
» Guru menyajikan informasi dengan menjelaskan beberapa konsep tentang penyebab
dan akibat bencana alam yang ditimbulkan oleh bencana tsunami, gunung meletus ,
banjir, tanah longsor , dan angin ribut seperti yang terdapat pada buku siswa IPS
Kelas VI halaman 94-95.
» Guru mengelompokkan siswa , satu kelompok terdiri dari 6 atau 7 siswa, selanjutnya
guru menyuruh siswa masing – masing kelompok untuk menjelaskan penyebab
dan akibat bencana alam : tsunami , gunung meletus , banjir , tanah longsor dan angin
topan.
» Guru memberikan bimbingan pada tiap kelompok untuk mengerjakan tugasnya.
Bimbungan tersebut untuk memperjelas cara pengerjaan lembar kerja yaitu menyebut
letak bencana , penyebab dan akibat bencana alam yang ditimbulakan oleh
tsunami , gunung meletus , banjir , tanah longsor dan angin topan.
» Guru memberi evalusi hasil belajar kelompok dan mempresentasikan hasil kerja
kelompok.
» Guru memberikan umpan balik pada siswa bila ada hal – hal yang belum dicakupi
dalam presentasi.
» Guru Memberikan pujian pada kelompok siswa yang hasil kerjanya baik dari aspek
akademik maupun kerja sama antar anggota kelompok.
III. Kegiatan akhir / penutup ( 10 menit )
1. Membimbing siswa dalam merangkum hasil diskusi yang telah di presentasikan.
2. Memberi tugas rumah sebagai tindak lanjut.
VI. Penilaian Hasil Belajar.
a. Prosedur Penilaian : Pengamatan diskusi kelompok ( Tes adalam proses )
b. Teknik Penilaian : Tes tulis secara individu.
c. Instrumen Penilaian : » Lembar kerja
» Lembar soal.
» Kunci jawaban
» Penskoran.
Mengetahui,
Kepala sekolah


Dra. SUTI HARTINI,MM
NIP. 19630612 198303 2 018


Guru Kelas VI



TRI PANJIANTO,A.Ma.Pd



Ringkasan Materi


»» Gejala Alam di Indonesia dan negara – begar tetangga.
Gambar peta !
Beberapa gejala alam antara lain : Gemapa bumi, Gunung meletus , Banjir , Gelombang
Tsunami , Tanaha Longsor , dan Angin topan.
» Volkanisme dan gempa bumi.
» Gempa vulkanik di sebabkan oleh gunung meletus.
» Gempa tegtonik disebabkan oleh pergeseran lempengan – lempengan.
Apabila pergeseran lempengan itu terjadi di dasar laut maka akan terjadi Tsunami.
» Alat pengukuran gempa disebut Seismograf.
» Banjir terjadi karena hutan gundul, penebangan huta secara liar ( ilegal loging ),
curah hujan tinggi, aliran air tersumbat.
» Tanah longsor peristiwa terjadinya pergeseran tanah.
» Angin topan.
– Perhatikan gambar dibawah ini !
























Lembar soal.

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !

1. Sebutkan 4 contoh bencana alam yang pernah melanda indonesia ?
2. Pada tanggal 26 Desember 2006 terjadi gelombang tsunami yang merenggut korban 1000.000
jiwa terjadi di ...........
3. Gempa tegtonik disebabkan oleh ...........
4. Dampak ilegal loging bagi kehidupan adalah .........
5. Untuk mengkoordinasikan penyaluran bantuan, pemerintah tingkat pusat membentuk ........
































Kunci Jawaban.

1. a. Gunung meletus .
b. Banjir.
c. Tanah longsor.
d. Tsunami.
2. Nanggro Aceh Darussalam ( NAD ).
3. Pergeseran lempeng permukaan bumi di dasar laut.
4. Terjadinya Banjir dan erosi.
5. Bakornas.


Penskoran Penilaian :

Jawaban benar
Nilai Akhir = x 100
Banyak soal

















\








Lembar Kerja Siswa.

Perhatikan gambar dibawah ini ! Kemudian jawablah pertanyaa yang tersedia dikolom bawahnya !
Gambar 4.3 Gunung berapi banyak terdapat di negara – negara ASEAN
karena kawasan ini berada diatas pertemuan beberapa lempengan.
Banjir sering terjadi karena hujan lebat yang terus menerus sehingga
sungai meluap. Tampak peristiwa banjir besar yang melanda Jakarta.

No.

Pertanyaan

Jawaban.

 1.




Gejala alam yang terjadi pada gambar
diatas !



 2.



Mengapa bisa terjadi gejala alam
tersebut !



 3.



Siapa yang bertanggung jawab pada
bencanaalam tersebut !



 4.



Apa yang kamu lakukan pada warga
yang terkena bencana itu !



 5.




 Apa dampak negatif yang ditimbulkan
oleh bencana alam tesebut!





RPP TERBARU MNURUT PERMEN DIKNAS NOMER 41 TAHUN 2007

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : MATEMATIKA.
Kelas/semester : VI / 2.
Alokasi waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan )

A. STANDART KOMPETENSI.
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah.
B. KOMPETENSI DASAR.
5.5.Memecahkan masalah perbandingan dan skala.
C. INDIKATOR.
1. Menghitung skala dari suatu gambar yang diketahui jarak sesungguhnya dan jarak
pada peta.
2. Menghitung jarak sesungguhnya jika diketahui skala dan jarak pada peta..
3. Menghitung jarak pada peta jika diketahui skala dan jarak sesungguhnya
I. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat :
1. Memahami tentang pengertian skala , jarak sebenarnya, jarak pada peta.
2. Menghitung jarak pata peta dan jarak sesungguhnya jika telah diketahui skala.
3. Menentukan jarak sesungguhnya antara ke dua daerah.
4. Menghitung jarak sesungguhnya pada peta berskala.
II. MATERI PEMBELAJARAN.
1. Menghitung skala, jarak sesungguhnya dan jarak pada peta.
2. Menghitung jarak sesungguhnya antara ke dua daerah.
III. SUMBER BELAJAR / MEDIA PEMBELAJARAN.
a. Sumber belajar : Buku Matematika kelas 6 halaman 92.
b. Media Pembelajaran : Atlas , peta, meteran, penggaris
IV. Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran.
a. Metode Pembelajaran : ceramah , pemberian tugas dan demontrasi.
b. Model Pembelajaran : kooperatif.
V. Langkah – langkah kegiatan Pembelajaran
I. Kegiatan awal / Prendahuluan ( 10 menit ).
1.1. Guru memotivasi siswa dengan menunjukkan peta yang telah dipasang
dipapan tulis untuk dapat memahami pengetahuan awal tentang pengertian
skala, jarak sesungguhnya, jarak pada peta.
1.2. Guru mengkomunikasikan tentang pengertian skala 1 : 1.000.000 itu
artinya adalah jarak 1 cm pada peta sama dengan 1.000.000 cm pada jarak sesungguhnya.


II.Kegiatan Inti ( 50 menit )
2.1. Penjelasan singkat tentang :
a. Menghitung skala dari suatu gambar yang diketahui jarak sesungguhnya
dan jarakpada peta.
b. Menghitung jarak sesungguhnya jika diketahui skala dan jarak pada peta..
c. Menghitung jarak pada peta jika diketahui skala dan jarak sesungguhnya
2.2. Membentuk kelompok , masing – masing kelompok terdiri atas 6 – 7 siswa
untuk mendiskusikan materi tentang skala dan menghitung jarak sesungguhnya.
2.3. Guru membimbing kelompok dalam mengerjakan lembar kerja dan menyimpuilkan
hasil diskusi kelompok.
2.4. Guru memberikan evaluasi hasil belajarkelompok dan mempresentasikan hasil
kerja kelompok .
2.5. Guru memberikan umpan balik bila ada hal – hal yang belum dicakup dalam prentasi.
III. Kegiatan akhir / penutup ( 10 menit )
3.1. Guru membimbing siswa dalam merangkum hasil diskusi yang telah disepakati.
3.2. Memberi tugas rumah membuat peta kecamatan Rengel dengan mencantumkan
skala sebagai tindak lanjut.
VI. Penilaian Hasil Belajar.
a. Prosedur Penilaian : Pengawasan diskusi kelompok.
b. Teknik Penilaian : Tes tulis secara individu.
c. Instrumen Penilaian : » Lembar kerja
» Lembar soal.
» Kunci jawaban dan Penskoran.


Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru                                                              Kelas VI.


Drs. MOCH WAHIB.                                                    TRI PANJI ANTO, AMa.Pd
NIP. 19510809 197703 1 002                                        NIG. 991.040.005











Ringkasan Materi

Skala adalah Perbandingan ukuran antara jarak pada peta atau denah dengan
jarak yang sebenarnya.
Jika pada peta tertera tulisan 1 : 2.5000.000. artinya bahwa
1 cm pada peta mewakili 2.5000.000 cm sebenarnya , jadi 1 cm pada peta berarti
jarak sesungguhnya adalah 25 km.
Skala = jarak pada peta : jarak sesungguhnya.























Lembar Kerja Siswa.
Nama kelompok : ..........................
Kelas : ..........................
Tanggal : ..........................

Ayo, kerjakan tugas berikut !
1. Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok dengan anggota 6 -7 siswa.
2. Setiap anggota mencari gambar pulau – pulau di indonesia pada peta atau atlas
Pastikan pada atlas atau peta tertera skalanya dengan jelas.
3. Salin dan foto copy peta tersebut pada selembar kertas.
4. Tentukan jarak sebenarnya antara dua kota yang ada pada peta
sesuai dengan skalanya.
6. Serahkan hasil pekerjaanmu kepada bapak atau ibu guru.
Selamat bekerja.




























Penilaian Kenerja Pengamatan Diskusi

Ketua Kelompok : ..................................
Anggota : 1. .............................. 4. ..............................
2. .............................. 5. ..............................
3. .............................. 6. ................................


 No.



Aspek penilaian


 Ya


Tidak. 



1.



Keaktifan dalam diskusi.





2.



Mengemukakan pendapat dengan argumentasi yang sesuai





 3.



Mengemukakan pendapat tanpa argumentasi yang jelas.





 4.



 Bertanya.





 5.



Kerjasama dalam kelompok.





 6.


 Memberi tanggapan, komentar, / jawaban yang benar.

























Soal Tes Tertulis.

Kerjakanlah soal dibawah ini dengan benar !
1. Jarak antara kota Tuban ke kota Surabaya pada sebuah peta adalah 9,8 cm.
Jika skala yang dipergunakan pada peta tersebut adalah 1 : 450.000,
Berapakah jarak kota Tuban ke kota surabaya.
2. Jarak kota Medan ke kota aceh adalah 238 km.
Jika jarak pada peta adalah 4,3 cm.
Berapakah skala yang dipergunakan pada peta tersebut ?

Kunci Jawaban soal.
1. Diketahui : Jarak pada peta = 9,8 cm
Skala yang dipakai = 1 ; 450.000.
Ditanyakan : Jarak Sebenarnya ?
Jawab :
Jarak pada peta = 1
Jarak sebenarnya 450.000
9,8 = 1.
Jarak sebenarnya 450.000.
Jarak sebenarnya = 9,8 cm x 450.000
= 4.410.000 cm
= 4,41 km.
Jadi, jarak antara kota tuban dan kota surabaya adalah
2. Skala = jarak pada peta : jarak sesungguhnya.
= 4,3 : 25.800.000
= 1 : 6.000.000.

Penskoran Penilaian :

Jawaban benar
Nilai Akhir = x 100
Banyak soal