Entri Populer

Senin, 03 Januari 2011

KISI KISI SOAL UJIAN

KISI-KISI PENULISAN ULANGAN AKHIR SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2009/2010
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA KELAS VI





BENTUK SOAL: PILIHAN GANDA
JUMLAH SOAL : 50





STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI INDIKATOR NOMOR
5. Memahami wacana lisan 5.1 Menyimpulkan isi berita Menentukan isi berita Disajikan sebuah bacaan siswa dapat :
tentang berita dan drama yang didengar dari televisi
- Menjawab pertanyaan apa dri pokok-pokok berita 1
pendek atau radio
- Menjawab pertanyaan bagaimana dari pokok-pokok isi berita 2



- Menjawab pertanyaan di mana dari pokok-pokok isi berita 3



- Menjawab pertanyaan mengapa dari pokok-pokok isi berita 4



- Menyimpulkan isi berita 5

5.2 Menceritakan isi drama Menentukan unsur instrinsik Disajikan cuplikan cerita drama anak-anak, siswa dapat menentukan:

pendek yang disampaikan intrinsik drama - Latar cerita 6



Disajikan cuplikan cerita drama anak-anak, siswa dapat menentukan: 7

secara lisan anak-anak - Tokoh cerita



Disajikan cuplikan cerita drama anak-anak, siswa dapat menentukan: 8



- Watak tokoh cerita



Disajikan cuplikan cerita , siswa dapat menentukan: 9



- tema cerita



Disajikan cuplikan cerita. Siswa dapat menentukan 10



- maksud salah satu kalimat dalam cerita



Disajikan cuplikan teks drama anak-anak , siswa dapat menentukan 11



amanatnya
6. Mengungkapkan pikiran 6.1 Berpidato atau presentasi Bagian-bagian pidato Disajikan ilustrasi isi pidato, siswa dapat:
perasaan, dan informasi untuk berbagai keperluan
- Menentukan kalimat pembukaan pidato dengan tepan 12
dengan berpidato, me- (acara perpisahan, ulang
- Menentukan kalimat penutup pidato dengan tepat 13
laporkan isi buku, dan tahun, dll) dengan lafal,
Disajikan laporan, siswa dapat menentukan topiknya 14
baca puisi intonasi, dan sikap yang
Disajikan cuplikan rubrik khusus dari media cetak, siswa dapat 15

tepat
menentukan isi/pesannya

6.2 Melaporkan isi buku yang Bagian-bagian buku Disajikan ringkasan buku, siswa dapat menentukan isi buku 16

dibaca ( judul, pengarang,
Disajikan ringkasan buku, siswa dapat menentukan data buku 17

jumlah hal. Isi ) dengan
Disajikan ringkasan buku, siswa dapat menentukan keunggulan buku 18

kalimat yang runtut.



6.3 Membacakan puisi karya Unsur Instrinsik dalam puisi Disajikan puisi anak-anak, siswa dapat menentukan:

sendiri dengan ekspresi Pantun - amanatnya 19

yang tepat.
- Makna salah satu kata dalam puisi 20



- Menjelas isi puisi 21



Disajikan pantun yang belum lengkap bagian isinya, siswa dapat 22



melengkapinya dengan baris yang tepat



Disajikan pantun yang belum lengkap bagian sampirannya, siswa dapat 23



melengkapinya dengan baris yang tepat
7. Memahami teks dengan 7.1 Menemukan makna yang Sinonim Disajikan kalimat, siswa dapat menuliskan sinonim dari salah satu kata 24
membaca intensif dan tersirat suatu teks melalui Antonim dalam kalimat tersebut dengan tepat
membaca teks drama membaca intensif. Ide Pokok Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan antonim dari salah satu 25


Kalimat Tanya kata dalam kalimat tersebut dengan tepat


Pokok Pikiran Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan ide pokok 26


Makna Kalimat Disajikan 2 kalimat tunggal, siswa dapat menyusunnya menjadi kalimat 27


Ringkasan majemuk dengan tepat



Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menemukan pokok pikiran 28



pada paragraf dalam teks



Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menemukan makna yang 29



terkandung di dalan teks



Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan kalimat lain yang maknanya 30



sama



Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat ringkasan 31



yang tepat

7.2 Mengidentifikasi berbagai
Disajikan teks dialog yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya 32

unsur (tokoh, sifat, latar,
dengan kalimat yang tepat

tema, jalan cerita, dan
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utamanya 33

amanat) dari teks drama



anak.


8. Mengungkapkan pikiran 8.1 Menyusun naskah pidato/
Disajikan empat kalimat acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi 34
dan informasi secara sambutan (perpi sahan,
sebuah paragraf yang padu
tertulis dalam bentuk naskah ulang tahun, perayaan
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan kalimat tanya 35
pidato dan surat resmi tahun, perayaan sekolah,
yang tepat

dll) dengan bahasa yang
Disajikan gambar (benda, hewan, tumbuhan) siswa dapat menentukan 36

baik dan benar, serta
kalimat yang berisi deskripsi sesuai dengan gambar

memperhatikan pengguna-
Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya 37

an ejaan
menjadi kalimat efektif



Siswa dapat menentukan penulisan kata depan dalam kalimat dengan 38



tepat



Disajikan petunjuk pemakaian sesuatu yang acak, siswa dapat 39



mengurutkannya menjadi sebuah petunjuk yang logis



Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan 40


menentukan kata berimbuhan yang tepat



Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat 41



yang tepat



Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan 42



menentukan kata yang tepat

8.2 Menulis surat resmi
Siswa dapat menentukan kalimat pembuka surat dengan tepat 43

dengan memperhatikan
Siswa dapat menentukan kalimat penutup surat dengan tepat 44

pilihan kata sesuai
Disajikan sebuah surat dapat menyebutkan jenis surat 45

orang yang dituju
Menentukan penggunaan huruf kapital yang tepat dalam kalimat 46



Disajikan kalimat tanpa tanda baca, siswa dapat menentukan tanda 47



baca yang tepat



Siswa dapat menentukan kalimat yang mengungkapkan rasa 48



kagum/kecewa berdasarkan ilustrasi atau gambar yang disajikan



Siswa dapat menentukan kalimat pembuka pengumuman 49



berawalan yang tepat



Disajikan empat gambar seri secara acak, siswa dapat mengurutkannya 50



menjadi sebuah cerita yang runtut










Tidak ada komentar:

Posting Komentar