Entri Populer

Sabtu, 23 Oktober 2010

kisi - kisi uan uan 2011

KISI – KISI SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDART NASIONAL ( UASBN )
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
1. Bahasa Indonesia
No
Standart kompetensi  lulusan
Kemampuan yang diuji
Indikator
Bentuk
soal
Nomor
soal
1.
Membaca
Membaca berbagai teks non sastra berupa teks sederhana , laporan , dan rubric khusus serta bebrbagai karya sastra berupa puisi anak , dongeng , cerita anak – anak dan drama anak – anak .
Menentukan isi bacaan
Disajikan teks nonsastra 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
- menjawab pertanyaan apa
- menjawab pertanyaan bagaimana
- menjawab pertanyaan di mana
- menjawab pertanyaan mengapa
- menyimpulkan isi bacaan
PG

1
2
3
4
5
Menentukan unsur intrinsic dongeng
Disajikan cuplikan cerita rakyat, siswa dapat menentukan:
- Latar cerita
- Watak salah satu tokoh dalam cerita
- Amanat dalam cerita
Disajikan cuplikan dongeng, siswa dapat menentukan perbedaan
watak dua tokoh dalam dongeng
PG

6
7
8
9
Menentukan isi laporan
Disajikan laporan,
siswa dapat menentukan topiknya
PG
10
Menentukan isi tersurat / tersirat dari rubric yang dibaca
Disajikan cuplikan rubrik khusus dari media cetak, siswa dapat menentukan isi/pesannya
PG
11
Memahami unsure intrinsic puisi
Disajikan puisi anak-anak, siswa dapat
menentukan:
- Amanatnya
- Makna salah satu kata dalam puisi
PG


12.
13
Menentukan unsure intrinsic drama anak - anak
Disajikan cuplikan teks drama anak-anak,
siswa dapat menentukan Amanatnya

PG
14
Menentukan unsure intrinsic dan kalimat cerita anak – anak
Disajikan cerita anak satu paragraf, siswa
dapat:
- Menentukan temanya
- Menentukan maksud salah satu kalimat
dalam cerita
PG


15
16
Menentukan makna daerah
Disajikan denah lokasi tertentu, siswa dapat
menunjukkan tempat
tertentu dengan arah perjalanan yang tepat

PG
17
2
Menulis
Mengungkapkan  pikiran
perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana , kosakata yang bervariasi dan kalimat efektif  dalam
kehidupan sehari  – hari
 ,petunjuk surat, pengumuman dialog , formulir , teks pidato , laporan , ringkasan , prafrase , serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita anak,puisi , dan pantun secara terpadu , struktur kalimat yang tepat,ejaan dan
pilihan katanya
Menulis dialog
Disajikan teks dialog yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat
PG
18
Mengisi formulir
Siswa dapat mengisi formulir berdasarkan
ilustrasi yang disajikan
PG
19
menggunakan EYD
Siswa dapat menentukan penulisan kata
depan dalam kalimat dengan tepat
PG
20
Menyusun kalimat majemuk
Disajikan 2 kalimat tunggal, siswa dapat
menyusunnya menjadi kalimat majemuk dengan tepat
PG
21
Menulis petunjuk pemakaian
Disajikan petunjuk pemakaian sesuatu yang
acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah petunjuk
yang logis
PG
22
Menggunakan sinonim dan antonim
Disajikan kalimat, siswa dapat menuliskan
sinonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat
PG
23
Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan
antonim dari salah satu
kata dalam kalimat tersebut dengan tepat
PG
24
Menggunakan Imbuhan
Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat
melengkapinya dengan
menentukan kata berimbuhan yang tepat
PG
25
Menyusun paragraph
Disajikan empat kalimat acak, siswa dapat
mengurutkannya menjadi sebuah paragraf yang padu
PG
26
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat
melengkapinya dengan kalimat yang tepat
PG
27
menggunakan EYD
Menentukan penggunaan huruf kapital  yang tepat dalam kalimat.

Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat
melengkapinya dengan kalimat yang tepaT
PG

PG
28

29
menulismelengkapi pantun

Disajikan pantun yang belum lengkap bagian
isinya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat

PG
30
Disajikan pantun yang belum lengkap bagian
sampirannya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat
PG
31
Menyusun kalimat












Disajikan kalimat, siswa dapat menentukankalimat lain yang maknanya sama
PG
32
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat membuat kalimat sesuaidengan gambar tersebut
PG
33
Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat
menentukan perbaikannya menjadi kalimat efektif
PG
34
Siswa dapat menentukan kalimat yang mengungkapkan rasa
kagum/kecewa berdasarkan ilustrasi atau gambar yang disajikan
PG
35
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan kalimat tanya yang tepat
PG
36
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat Utamanya
PG
37
Menulis pengumuman.



Disajikan ilustrasi tentang isi pengumuman, siswa dapat menentukan
kalimat pertama pengumuman tersebut  dengan tepat
PG
38
Disajikan cuplikan pengumuman yang di dalamnya terdapat kalimat
tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya dengan kalimat efektif
yang tepat
PG
39
Menggunakan / menyuting kata depan.
Siswa dapat menentukan penulisan kata depan yang tepat dalam
Kalimat
PG
40
Menulis iklan.

Disajikan gambar suatu produk, siswa dapat menentukan kalimat
iklan yang tepat
PG
41
Menulis teks pidato.

Disajikan ilustrasi isi pidato, siswa dapat:
- Menentukan kalimat pembukaan pidato dengan tepat
- Menentukan kalimat penutup pidato dengan tepat
PG

42
43
Menulis surat.
Siswa dapat menentukan kalimat pembuka surat dengan tepat
PG
44
Menulis petunjuk pemakaian .
Disajikan gambar sebuah produk, siswa dapat menuliskan petunjuk
pemakaiannya dengan jelas.
PG
45
Menuliskan imbuan.
Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata
berawalan yang tepat.
PG
46
Mendiskripsikan gambar dengan kalimat yang tepat.
Disajikan gambar (benda, hewan, tumbuhan)
siswa dapat menentukan ;
kalimat yang berisi deskripsi sesuai dengan gambar.
PG
47
Menyusun laporan.

Disajikan laporan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya
dengan kalimat yang tepat.
PG
48
menulis ringkasan
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat
menentukan kalimat ringkasan yang tepat
PG
49
Mengurutkan gambar seri
Disajikan empat gambar seri secara acak,
siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah cerita yang runtut
PG
50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar