KISI – KISI SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDART NASIONAL ( UASBN )
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
1. Bahasa Indonesia
No | Standart kompetensi lulusan | Kemampuan yang diuji | Indikator | Bentuk soal | Nomor soal |
1. | Membaca Membaca berbagai teks non sastra berupa teks sederhana , laporan , dan rubric khusus serta bebrbagai karya sastra berupa puisi anak , dongeng , cerita anak – anak dan drama anak – anak . | Menentukan isi bacaan | Disajikan teks nonsastra 3 – 4 paragraf, siswa dapat: - menjawab pertanyaan apa - menjawab pertanyaan bagaimana - menjawab pertanyaan di mana - menjawab pertanyaan mengapa - menyimpulkan isi bacaan | PG | 1 2 3 4 5 |
Menentukan unsur intrinsic dongeng | Disajikan cuplikan cerita rakyat, siswa dapat menentukan: - Latar cerita - Watak salah satu tokoh dalam cerita - Amanat dalam cerita Disajikan cuplikan dongeng, siswa dapat menentukan perbedaan watak dua tokoh dalam dongeng | PG | 6 7 8 9 | ||
Menentukan isi laporan | Disajikan laporan, siswa dapat menentukan topiknya | PG | 10 | ||
Menentukan isi tersurat / tersirat dari rubric yang dibaca | Disajikan cuplikan rubrik khusus dari media cetak, siswa dapat menentukan isi/pesannya | PG | 11 | ||
Memahami unsure intrinsic puisi | Disajikan puisi anak-anak, siswa dapat menentukan: - Amanatnya - Makna salah satu kata dalam puisi | PG | 12. 13 | ||
Menentukan unsure intrinsic drama anak - anak | Disajikan cuplikan teks drama anak-anak, siswa dapat menentukan Amanatnya | PG | 14 | ||
Menentukan unsure intrinsic dan kalimat cerita anak – anak | Disajikan cerita anak satu paragraf, siswa dapat: - Menentukan temanya - Menentukan maksud salah satu kalimat dalam cerita | PG | 15 16 | ||
Menentukan makna daerah | Disajikan denah lokasi tertentu, siswa dapat menunjukkan tempat tertentu dengan arah perjalanan yang tepat | PG | 17 | ||
2 | Menulis Mengungkapkan pikiran perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana , kosakata yang bervariasi dan kalimat efektif dalam kehidupan sehari – hari ,petunjuk surat, pengumuman dialog , formulir , teks pidato , laporan , ringkasan , prafrase , serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita anak,puisi , dan pantun secara terpadu , struktur kalimat yang tepat,ejaan dan pilihan katanya | Menulis dialog | Disajikan teks dialog yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat | PG | 18 |
Mengisi formulir | Siswa dapat mengisi formulir berdasarkan ilustrasi yang disajikan | PG | 19 | ||
menggunakan EYD | Siswa dapat menentukan penulisan kata depan dalam kalimat dengan tepat | PG | 20 | ||
Menyusun kalimat majemuk | Disajikan 2 kalimat tunggal, siswa dapat menyusunnya menjadi kalimat majemuk dengan tepat | PG | 21 | ||
Menulis petunjuk pemakaian | Disajikan petunjuk pemakaian sesuatu yang acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah petunjuk yang logis | PG | 22 | ||
Menggunakan sinonim dan antonim | Disajikan kalimat, siswa dapat menuliskan sinonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat | PG | 23 | ||
Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan antonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat | PG | 24 | |||
Menggunakan Imbuhan | Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan menentukan kata berimbuhan yang tepat | PG | 25 | ||
Menyusun paragraph | Disajikan empat kalimat acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah paragraf yang padu | PG | 26 | ||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat | PG | 27 | |||
menggunakan EYD | Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepaT | PG PG | 28 29 | ||
menulismelengkapi pantun | Disajikan pantun yang belum lengkap bagian isinya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat | PG | 30 | ||
Disajikan pantun yang belum lengkap bagian sampirannya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat | PG | 31 | |||
Menyusun kalimat | Disajikan kalimat, siswa dapat menentukankalimat lain yang maknanya sama | PG | 32 | ||
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat membuat kalimat sesuaidengan gambar tersebut | PG | 33 | |||
Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya menjadi kalimat efektif | PG | 34 | |||
Siswa dapat menentukan kalimat yang mengungkapkan rasa kagum/kecewa berdasarkan ilustrasi atau gambar yang disajikan | PG | 35 | |||
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan kalimat tanya yang tepat | PG | 36 | |||
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat Utamanya | PG | 37 | |||
Menulis pengumuman. | Disajikan ilustrasi tentang isi pengumuman, siswa dapat menentukan kalimat pertama pengumuman tersebut dengan tepat | PG | 38 | ||
Disajikan cuplikan pengumuman yang di dalamnya terdapat kalimat tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya dengan kalimat efektif yang tepat | PG | 39 | |||
Menggunakan / menyuting kata depan. | Siswa dapat menentukan penulisan kata depan yang tepat dalam Kalimat | PG | 40 | ||
Menulis iklan. | Disajikan gambar suatu produk, siswa dapat menentukan kalimat iklan yang tepat | PG | 41 | ||
Menulis teks pidato. | Disajikan ilustrasi isi pidato, siswa dapat: - Menentukan kalimat pembukaan pidato dengan tepat - Menentukan kalimat penutup pidato dengan tepat | PG | 42 43 | ||
Menulis surat. | Siswa dapat menentukan kalimat pembuka surat dengan tepat | PG | 44 | ||
Menulis petunjuk pemakaian . | Disajikan gambar sebuah produk, siswa dapat menuliskan petunjuk pemakaiannya dengan jelas. | PG | 45 | ||
Menuliskan imbuan. | Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata berawalan yang tepat. | PG | 46 | ||
Mendiskripsikan gambar dengan kalimat yang tepat. | Disajikan gambar (benda, hewan, tumbuhan) siswa dapat menentukan ; kalimat yang berisi deskripsi sesuai dengan gambar. | PG | 47 | ||
Menyusun laporan. | Disajikan laporan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat. | PG | 48 | ||
menulis ringkasan | Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat ringkasan yang tepat | PG | 49 | ||
Mengurutkan gambar seri | Disajikan empat gambar seri secara acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah cerita yang runtut | PG | 50 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar