Entri Populer

Sabtu, 23 Oktober 2010

RPP TERBARU

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

                        Satuan Pendidikan                     : Sekolah Dasar
                        Mata Pelajaran                          : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
                        Kelas/semester                         :  VI / 2
                        Alokasi waktu                            :  2 x 35  menit (1 pertemuan )

                                                             
  A. STANDART KOMPETENSI.
       Memahami gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di indonesia dan negara – negara tetangga
  B.KOMPETENSI DASAR.
  2.1. Mendiskripsikan  gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di indonesia dan negara – negara
         tetangga
  C.INDIKATOR.
  1. Mengidentifikasi gejala ( peristiwa ) ala yang terjadi di indonesia dan negara tetanga.
  2. Menemu tunjukkan letak  gejala ( peristiwa ) ala yang terjadi di indonesia dan negara tetanga
      melalui peta.
I.TUJUAN PEMBELAJARAN.
            Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat :
1. Menyebutkan 4 contoh bencana alam yang pernah terjadi di indonesia dan negara tetangga.
2. Menemu tunjukkan letak bencana yang terjadi di indonesia dan negara – negara tetangga
   melalui peta.
3. Menyebutkan penyebab dan akibat bencana alam yang terjadi di indonesia dan negara –
    negara tetangga yaitu : tsunami , gunung meletus, banjir , tanah longsor dan angin topan.
II. MATERI PEMBELAJARAN.
1 Menyebutkan bencana alam yang pernah melanda negara indonesia dan negara tetangga.
2. Menunjukkan letak bencana yang melanda daerah indonesia dan negara – negara
    tetangga melalui peta.
3. Menyebutkan sebab dan akibat bencana alam tsunami, gunung meletus, banjir , tanah longsor,
   dan angin topan. 
III. SUMBER BELAJAR / MEDIA PEMBELAJARAN.
      a. Sumber belajar            : Buku IP6 jilid 6
      b. Media Pembelajaran   : Gambar / foto, peta.
IV. Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran.
      a. Metode Pembelajaran    : ceramah , pemberian tugas dan diskusi
      b. Model Pembelajaran      : kooperatif.
V. Langkah – langkah kegiatan Pembelajaran
     I. Kegiatan awal / Prendahuluan ( 10 menit ).
               1.1. Guru memotivasi siswa  dengan menunjukkan beberapa gambar bencana alam :
                      tsunami , gunung meletus , banjir, tanah longsor , dan angin topan.


               1.2. Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai hari ini
                     yaitu : macam – macam bencana alam di indonesia dan negar – negara tetangga,
                     menunjukkan letak bencana alam di indonesia dan negara – negara tetangga
                     melalui peta , penyebab dan akibat bencana alam yang ditimbulkan oleh bencana
                     tsunami, gunung meletus , banjir , tanah longsor dan angin topan.
     II.Kegiatan Inti ( 50 menit )
 »  Guru menyajikan informasi dengan menjelaskan beberapa konsep tentang penyebab
     dan akibat bencana alam yang ditimbulkan oleh bencana tsunami, gunung meletus ,
     banjir, tanah longsor , dan angin ribut seperti yang terdapat pada buku siswa IPS
     Kelas VI halaman 94-95.
»  Guru mengelompokkan siswa , satu kelompok terdiri dari 6 atau 7 siswa, selanjutnya
    guru menyuruh siswa masing – masing kelompok untuk menjelaskan penyebab
    dan akibat bencana alam : tsunami , gunung meletus , banjir , tanah longsor dan angin
    topan.
»  Guru memberikan bimbingan pada tiap kelompok untuk mengerjakan tugasnya.
    Bimbungan tersebut untuk memperjelas cara pengerjaan lembar kerja yaitu menyebut
    letak bencana , penyebab dan akibat bencana alam yang ditimbulakan oleh
    tsunami , gunung meletus , banjir , tanah longsor dan angin topan.
»  Guru memberi evalusi hasil belajar kelompok dan mempresentasikan hasil kerja
     kelompok.
»  Guru memberikan umpan balik pada siswa bila ada hal – hal yang belum dicakupi
     dalam presentasi.
»  Guru Memberikan pujian pada kelompok siswa yang hasil kerjanya baik dari aspek
    akademik maupun kerja sama antar anggota kelompok.
      III. Kegiatan akhir / penutup ( 10 menit )
            1. Membimbing siswa dalam merangkum hasil diskusi yang telah di presentasikan.
            2. Memberi tugas rumah sebagai tindak lanjut.  
VI. Penilaian Hasil Belajar.
      a. Prosedur Penilaian     : Pengamatan diskusi kelompok ( Tes adalam proses )
      b. Teknik Penilaian         : Tes tulis secara individu.
      c. Instrumen Penilaian    : » Lembar kerja
                                            » Lembar soal.
                                            » Kunci jawaban
                                            » Penskoran.
Mengetahui,
Kepala sekolah


                                                                                                                         
                   Dra. SUTI HARTINI,MM                        
NIP. 19630612 198303 2 018


Guru Kelas VI



TRI PANJIANTO,A.Ma.Pd

Ringkasan Materi


   »» Gejala Alam di Indonesia dan negara – begar tetangga.
        Gambar peta !
   Beberapa gejala alam antara lain : Gemapa bumi, Gunung meletus , Banjir , Gelombang 
  Tsunami , Tanaha Longsor , dan Angin topan.
» Volkanisme dan gempa bumi.
» Gempa vulkanik di sebabkan oleh gunung meletus.
» Gempa tegtonik disebabkan oleh pergeseran lempengan – lempengan.
   Apabila pergeseran lempengan itu terjadi di dasar laut maka akan terjadi Tsunami. 
» Alat pengukuran gempa disebut Seismograf.
» Banjir terjadi karena hutan gundul, penebangan huta secara liar ( ilegal loging ),
  curah hujan  tinggi, aliran air tersumbat.
» Tanah longsor peristiwa  terjadinya pergeseran tanah.
» Angin topan.
       – Perhatikan gambar dibawah ini !
       
 

 























                                    Lembar soal.   

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !

1. Sebutkan 4 contoh bencana alam yang pernah melanda indonesia ?
2. Pada tanggal 26 Desember 2006 terjadi gelombang  tsunami yang merenggut korban 1000.000
    jiwa terjadi di ...........
3. Gempa tegtonik disebabkan oleh ...........
4. Dampak ilegal loging bagi kehidupan adalah .........
5. Untuk mengkoordinasikan penyaluran bantuan, pemerintah tingkat pusat membentuk ........
































                                                Kunci Jawaban.

1. a. Gunung meletus .
    b. Banjir.
    c. Tanah longsor.
    d. Tsunami.
2. Nanggro Aceh Darussalam ( NAD ).
3. Pergeseran lempeng permukaan bumi di dasar laut.
4. Terjadinya Banjir dan erosi.
5. Bakornas.  


                       Penskoran Penilaian :

                                          Jawaban benar
                 Nilai Akhir    =                                 x 100
                                           Banyak soal

















\








                                                   Lembar Kerja Siswa.

Perhatikan gambar dibawah ini ! Kemudian jawablah pertanyaa yang tersedia dikolom bawahnya !
Gambar 4.3 Gunung berapi banyak terdapat di negara – negara ASEAN
karena kawasan ini berada diatas pertemuan beberapa lempengan.
Banjir sering terjadi karena hujan lebat yang terus menerus sehingga
sungai meluap. Tampak peristiwa banjir besar yang melanda Jakarta.

No.

Pertanyaan

Jawaban.

 1.



Gejala alam yang terjadi pada gambar
   diatas !


 2.


Mengapa bisa terjadi gejala alam
  tersebut !


 3.


Siapa yang bertanggung jawab pada
  bencanaalam tersebut !


 4.


Apa yang kamu lakukan pada warga
 yang  terkena bencana itu !


 5.



 Apa dampak negatif yang ditimbulkan
  oleh bencana alam tesebut!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar